• hmi fe ub

    HMI FE UB

    HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM FE UB

  • calendar

    January 2012
    M T W T F S S
    « Mar    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

Rumah Sakit Islam yang Menyenangkan

Zaman Dinasti Abbasiyah
Rumahsakit di Kota-kota Islam Saat Itu Benar-benar Menunjukkan Keunggulan Peradaban Islam. Rumah Sakit di Baghdad dan Cordobra Adalah Rumah Sakit Moderen yang Jauh Berbeda dengan Di Eropa yang Masih Sangat Primitif. Di Rumahsakit Baghdad dan Cordobra, Para Pasien Dilayani Oleh Dokter-dokter Ahli Dengan Mtode Kedokteran yang Saintifik. Mereka yang Harus Rawat Inap Ditempatkan Dalam Ruangan yang Bersih dan Nyaman. Air Bersih Mengalir dengan Lancar Sepanjang Waktu. Pada masa Harun Al-Rasyid, Setidaknya Ada 800 Orang Dokter yang Menguasai Ilmu Kedoktrean Moderen. Ada Beberapa Rumahsakit Besar Pada Masa Abbasiyah, yaitu Di Baghdad, Rumahsakit Al-Nuri, Rumahsakit Al-Mashuri di Kairo, dan Rumahsakit Di Marrakesh.

Para Pasien Tidak Perlu Membayar Apapun, Pemeriksaan Dokter, Obat, Atau Penginapan Semua Diberikan Gratis. Malah, Jika Sakitnya Lumayan Parah dan Harus Menginap, Para Pasien Akan Diberikan Makanan yang Sehat lalu Diberi Uang Untuk Keperluan Sehari-hari Hingga Mereka Bisa Kembali Bekerja.

“Para Pasien yang Tidak Bisa Tidur Bisa Menyenangkan Dirinya Dengan Menyimak Kisah-Kisah yang Diceritakan Tukang Dongeng (1001 malam). Bagi Pasien yang Sudah Sembuh, Dipertunjukkan Komedi dan Tarian-tarian Desa. Tukang Azan Mengeluarkan Suara-suara Pujian yang Indah dan Lembut Untuk Meringankan Penderiataan Pasien yang Dijemukan Oleh Keadaan Mereka Tidak Dapat Tidur dan Terlalu Lama Mendekam di Rumahsakit”

DR. Mushthafa Husni Al-Siba’i, Khazanah Peradaban Islam,
Tentang Rumah Sakit Beesar Al-Mashuri di Kairo

Tidak Ada Takhayul dalam Ilmu Kedokteran Islam Masa Itu. Tidak Ada Orang Yang Sakit Karena Dirasuki Makhluk Gaib. Semua Masalah Kesehatan Manusia Diketahui dari Diagnosis yang Berdasar Eksperimen dan Pengembangan Ilmu Selama Ratusan Tahun.

Ruangan-ruangan Dipisahkan Secara Khusus Berdasarkan Penyakit. Ada Ruang Untuk Penderita Demam, Diare, Penyakit Mata, ada Ruang Untuk Operasi, Bahkan Untuk yang Sedang Mengalami Gangguan Jiwa.. Di Setiap Rumah Sakit Juga Ada Perpustakaan yang Sangat Lengkap dan Bisa Dibaca Oleh Dokter dan Para Mahasiswa Kedokteran.

Indonesia Juga Merupakan Salah Satu Peta Wilayah yang Termasuk Dalam Kekuasaan Islam. Terutama Letaknya yang Sangat Berdekatan dengan Persia. Tempat Dilahirkannya Ibnu Sina Sang Bapak Kedokteran. Akankah Spirit-spirit itu Kembali Bangkit? Kaum-kaum Muslim dengan Semangat Belajar yang Tinggi?

Yakin Usaha Sampai Untuk Kemajuan, Man Jadda Wa Jada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: